web 2.0

Tuesday, February 9, 2010

Terlupakan 1

Apakah kamu pernah mendengarkan "hawu"??? You know hawu? alah.....Itu lho, zaman dulu kala, eh sekarang juga masih ada tuh dirumah aku meskipun udah ga dipake. Hawu adalah tempat masak orang-orang Sunda dahulu kala. Mungkin di tempat lain ada tapi mereka menyebutnya apa aku ga tau. Ok kita bahas aja hawu yang versi Sunda aja yah.

Hawu ini sangat berperan penting dalam hal permasakan ibu-ibu. Mungkin dulu sebelum minyak tanah dan kompor dipakai mereka memakai hawu. Terbilang murah meriahlah dengan bermodalkan kayu bakar yang bisa di ambil dari kebun atau daun2 yang sudah mengering, sudah dapat memasak dengan tenang. Tidak lupa dia di temani dengan "songsong". Songsong adalah alat untuk meniup kayu bakar yang sudah mulai meredup. Caranya kita tiup dengan perlahan-lahan supaya percikan-percikan kayunya tidak berbalik arah ke kita ke bagian kayu yang sudah mulai meredup, maksudnya mau mati. Gampang kan???
Disini kita bisa menghangatkan badan apalagi subuh-subuh..wuuuiiiihh mantaplah.. Apalagi di temani dengan ubi hangat yang di simpen di bawah reruntuhan kayu bakar tadi..alah.. apa yah namanya..hmmm...di oven gaya tradisional deh. Kamu perlu coba..Bagi yang dari kecilnya tak pernah menyentuh hawu...hehehe.
Sangat disayangkan tapinya, seiring berkembangnya zaman sedikit demi sediit hawu pun tersisihkan. Mereka di singkirkan karena adanya kompor minyak dan kompor gas. Padahal katanya yah memasak dengan kayu bakar itu lebih enak rasa masakannya,,katanyaaaaa..Yah manusia lebih tau mungkin apa yang terbaik buat mereka..loh loh..hihihi